Program Kampung KB Kec.Cipaku

Program Kampung KB Kec.Cipaku - Pada postingan kali ini Arbainlas ciamis, Akan sedikit mengulas prihal Program Kampung KB Kec.Cipaku, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Terkait Kampung KB, yang kami tulis ini dapat menjadi sumber informasi khusus nya bagi anda warga CIAMIS JAWA BARAT. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Program Kampung KB Kec.Cipaku

Sekertariat

Salah satu program dan kegiatan yang ada di Kampung Munjul,Desa.Buniseri adalah ada nya kampung KB yang berlokasi di Rw.14.

1.Latar Belakang pembentukan program kampung KB

Sejak dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Januari 2016, Kampung KB terus tumbuh pesat. Semangat membentuk dan mendirikan Kampung KB di seluruh Nusantara telah menghasilkan ratusan Kampung KB.
Targetnya pada tahun 2017 ini terdapat satu Kampung KB di setiap satu kecamatan di seluruh Indonesia. Artinya, sepanjang tahun 2017 ini bakal ada sekitar 7166 Kampung KB di seluruh Indonesia. Hingga April 2017, Kampung KB yang sudah terbentuk baru 633. Masih ada sekitar 9 bulan lagi untuk mengejar sekitar 6000 Kampung KB.
Kampung KB merupakan salah satu “senjata pamungkas” baru pemerintah dalam mengatasi masalah kependudukan, terutama di wilayah-wilayah yang jarang “terlihat” oleh pandangan pemerintah.
Kampung KB, kedepannya akan menjadi ikon program kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Kehadiran Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.
Prinsipnya Program KKBPK mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dengan melaksanakan delapan fungsi keluarga. Penerapan fungsi keluarga ini membantu keluarga lebih bahagia dan sejahtera, terbebas dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan.
Keberhasilan program KKBPK dapat dilihat dari beberapa aspek. Pertama, aspek pengendalian kuantitas penduduk, kedua, aspek peningkatan kualitas penduduk yang dalam hal ini diukur dengan peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarganya.
Peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga dapat ditelusur melalui berbagi indikator yang merupakan pencerminan dari pelaksanaan delapan fungsi keluarga. Hal tersebut tercantum dalam Peraturan Pemerintah No 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana dan Sistem Informasi Keluarga. Dalam PP disebutkan delapan fungsi keluarga meliputi 
  • (1) fungsi keagamaan, 
  • (2) fungsi social budaya, 
  • (3) fungsi cinta kasih, 
  • (4) fungsi perlindungan, 
  • (5) fungsi reproduksi, 
  • (6) fungsi sosialisasi dan pendidikan, 
  • (7) fungsi ekonomi dan 
  • (8) fungsi pembinaan lingkungan.
  Kampung KB juga merupakan wujud dari pelaksanaan agenda prioritas pembangunan Nawacita ke 3, 5, dan 8. Nawacita ketiga yaitu yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Nawacita kelima yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta Nawacita kedelapan yaitu  melakukan revolusi karakter bangsa melalui kebijakan penataan kembali kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan aspek pendidikan kewarganegaraan, yang menempatkan secara proporsional aspek pendidikan, seperti pengajaran sejarah pembentukan bangsa, nilai-nilai patriotisme dan cinta Tanah Air, semangat bela negara dan budi pekerti di dalam kurikulum pendidikan Indonesia.
 Kampung KB menjadi program inovatif yang strategis dalam mengejawantahkan program KKBPK secara paripurna di lapangan. Pasalnya, Kampung KB menjadi model atau miniatur pembangunan yang melibatkan seluruh sektor di masyarakat.
Kampung  KB  merupakan  Satuan  wilayah  setingkat  RW, dusun atau setara yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program KKBPK yang dilakukan secara sistemik dan sistematis.
 Sumber:kominfo.go.id

2.    Tujuan Dibentuknya Kampung KB

Secara umum, tujuan dibentuknya Kampung KB ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sector terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Sedangkan secara khusus, Kampung KB ini dibentuk  selain untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan.
Lokasi Rt 11 Rw 14 (Foto ig@alukman_1)

 3.    P e n u t u p

Menjadikan Kampung KB sebagai wahana pemberdayaan masyarakat bukanlah sesuatu yang mustahil, dan untuk mewujudkan harapan tersebut tidak cukup hanya dengan membuat kesepakatan atau komitmen diatas kertas, namun perlu ketekunan, kesabaran, kebersamaan serta kerja keras yang diaplikasikan dalam wujud nyata, lebih-lebih membangun masyarakat pinggiran. Tapi dengan kebersamaan pasti semuanya akan lebih mudah diatasi, karena membangun masyarakat dari pinggiran bukanlah semata-mata harapan, melainkan lebih kepada bagaimana memposisikan Program KB sebagai upaya membangun kesejahteraan dengan prioritas masyarakat yang membutuhkan uluran tangan dari pemerintah. Inilah wujud dari revolusi mental untuk mempersiapkan generasi muda sehingga bisa menikmati bonus demografi dengan dukungan sumber daya manusia  berkualitas. Namun sumber daya manusia yang berkualitas hanya mungkin tercipta apabila ada kompetensi, ada pembinaanyang sungguh-sungguh, dan Kampung KB inilah yang diharapkan dapat menjadi wahana untuk hal tersebut.


 Dengan latar belakang di atas Demi menyukseskan program pemerintah maka terbentuk lah kampung KB di Kampung mujul,Desa buniseri,Kec Cipaku.





Komitmen lainnya dari sisi pendanaan. Ketika diberi kewenangan sebagai pelaksana urusan KB di daerah, mestinya pendanaan juga menjadi tanggung jawab pemda, tidak lagi bergantung pada pusat. Anggaran pusat sendiri terbatas untuk melakukan upaya komprehensif, di mana sebagian besar untuk membeli alat kontrasepsi.
Untuk mendukung komitmen pemda, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) harus menggalakkan kembali kemitraan dengan pengambil kebijakan lain, terutama yang berkaitan langsung dengan daerah, seperti Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi serta sektor swasta. “Kita perlu membangun kesadaran bahwa program KB bukan hanya milik BKKBN. Kementerian Desa bisa memanfaatkan dana desa untuk layanan KB, dan Kemdagri bisa mendorong kabupaten dan kota untuk melaksanakan kewenangannya,” kata Sudibyo.
Menurut Sudibyo, komitmen pemda juga penting untuk keberlanjutan program yang sudah diluncurkan pemerintah pusat. Ia mencontohkan, program Kampung KB yang diluncurkan Presiden di Cirebon, Jawa Barat, baru-baru ini, tidak akan berlanjut bila tanpa dukungan pendanaan dari pemda. “Ketika sebuah desa dideklarasikan sebagai Kampung KB semua proyek akan masuk ke sana. Tetapi pertanyaannya sampai kapan, ketika dilepas siapa yang melanjutkan. Bagaimana dengan desa yang tidak tergolong Kampung KB, apakah dianggap berhasil lalu keberlanjutannya tidak diperhatikan lagi,” kata Sudibyo.              Sumber:Berita satu

Mari kita kawal dan suksekan program kampung KB di Kampung Munjul,Desa Buniseri,Kec.Cipaku

Selain Program kampung KB  ada juga organisasi Paguyuban Panggallima yang di bentuk oleh warga kampung munjul.

@Arbainlas_com



Demikianlah Artikel Program Kampung KB Kec.Cipaku

semoga artikel Program Kampung KB Kec.Cipaku kali ini,bisa bermanfaat.
========================================================================
Hubungi kontak kami di bawah ini untuk info lebih lanjut tentang Program Kampung KB Kec.Cipaku

Kami melayani pemesanan untuk daerah CIAMIS dan sekitar nya.
Klik di sisni Untuk cara pemesanan
Alamat : Buniseuri, Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46252, Indonesia
Telepon/Wa: +62 822-2056-1001
Email :arbainlas@gmail.com
Jam buka : Hari ini buka · 07.30–17.00
========================================================================

Anda sekarang membaca artikel Program Kampung KB Kec.Cipaku dengan alamat link http://www.kangarbain.id/2017/07/program-kampung-kb-keccipaku.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Program Kampung KB Kec.Cipaku"

Post a Comment